kelompok 2

Senin, 04 Juni 2012

GRAPHENE, MATERIAL YANG MENGAGUMKAN




Jika ada yang bertanya saat ini:

- Material apa PENGHANTAR LISTRIK TERBAIK saat ini......??
Jawabannya: Graphene --> rapat arus 1 juta kali lebih tinggi dari karbon pada suhu ruang, mobilitas elektron 100 kali lebih kuat dari silikon, kemampuan transfer balistik elektron seperti superkonduktor pada suhu ruang! Bayangkan...superkonduktor pada suhu ruang....

- Material apa YANG PALING KUAT saat ini.........??
Jawabannya: Graphene --> Lebih kuat dari berlian, sanking kuatnya lapisan 2Dnya bisa diambil tanpa merusak struktur karbonnya! Material paling tipis, dibuat hanya dari 1 layer karbon setebal 0,3 nm hampir sejuta kali lebih tipis dari rambut kita...dan sebagai gambaran, satu lembar kertas graphene memerlukan gaya 20 ribu newton untuk memisahkannya, itu baru satu lembar!

- Material apa YANG PALING ELASTIS saat ini........??
Jawabannya: Graphene (jangan bosan ya hehe), memiliki kemampuan elastis hingga 20 persen, padahal graphene lebih kuat dari berlian!

- Material apa YANG PALING BAIK MENGHANTAR PANAS saat ini.....??
Jawabannya: Graphene..., tidak ada material lain yang memegang rekor daya hantar panas terbaik saat ini...

-Material apa YANG MERUPAKAN SUMBER TERBAIK ENERGI SURYA masa depan...??
Jawabannya:.......Graphene...material ini tidak memiliki bandgap sehingga bisa mengkonversi semua panjang gelombang menjadi listrik matahari melalui efek fotolistrik, belum puas? Material ini tidak bisa ditembus oleh helium sekalipun...sangat cocok untuk pelapis smartphone dan pelapis aman lainnya.

Tidak percaya? Baca langsung penjelasan dari Geim dan Nosovelov, peraih Nobel fisika 2010 (Btw, Geim juga peraih parodi nobel fisika (Lg Nobel Prize) tahun 2000 untuk levitasi magnetik kodok :) haha...),


Tidak ada komentar:

Posting Komentar